Archive | October, 2011

MY DREAM- Write Down Your Dreams

30 Oct

I feel totally mellow tonight,
kenapa? Well, I’m in my hard
time.. Saya
belum lulus… saya tertekan oleh
banyak hal dan yah, mungkin akan
terdengar
lemah… Tapi sungguh saya
depresi… Yah malem ini aja sih
semoga…dan sungguh
gak mau keterusan ampe besok-
besok nya *amit -amit* …
Lalu, sampai suatu ketika, di
twitter saya, malam ini saya
menemukan sebuah
post yang mengingatkan saya
tentang mimpi…ketika saya mulai
mengabaikannyua
satu persatu…

Everything I’ve been wanting for a
long time always happens when
I’ve
stopped wanting it and actually
really caring about it. @tifatifo

Dan saya membongkar beberapa
catatan saya. Dan saya menemukan
sebuah
catatan belum selesai tentang
mimpi.. judulnya…

write down your dreams come
true and the other will follow…

What can I say??? Saya cengo dan
terperangah melihat isinya,
sekaligus
pengen nangis… Saya terkejut
dengan keadaan saya saat ini yang
sangat
pesimis, lemah, gak mau move on,
dan pemalas luar biasa… Saya ingat
pada
saat catatan itu dibuat saya adalah
wanita yang sangat bersemangat…
yang
sangat OPTIMIS… yang selalu
melihat segalanya dari sisi baik…
*dan kembali
ke diri saya yang sekaran*, saya
merasa sangat …. Tidak berarti?
Yah… bener
banget!!
I am trying to focus on my dreams.
Dan saya gagal… Memalukan… Dan
saya
hanya bisa menulis… Kenapa saya
menulis mulai dari sini? Dari blog
ini…??
Karena ini semua lah yang memulai
banyak mimpi yang saya miliki…
Saya tahu
dengan jelas tulisan saya tidak
terlalu bagus… saya bukan orang
yang bisa
membuat semua orang terdorong,
menjadi motovator luar biasa atau
apalah
namanya… Tapi dari tulisan lah
semua nya saya mulai… Saya mulai
mecoba
menyusun mimpi saya yang
berserakan, dari awal… Because in
the beginning it
says….write down your dreams
come true and the other will
follow…
Mimpi saya, yang sudah tercapai,
asli gak macem-macem kok… Dari
kecil saya
pengen banget bisa bahasa inggris
… Dan yesssss… dengan nilai
TOEFL saya
yang di atas 500 ini saya bisa
dikatakan bisa menggunakan
bahasa inggris
*walaupun saya akui saya masih
sangat belepotan!*
Itu satu, yang kedua, waktu SD
saya suka ngiri dan terdorong kalo
liat
tulisan orang lain yang ada di PR
(pikiran Rakyat- Koran terbesar di
JAWA
BARAT)… ngiriiii bangetttttt
bangettt bangeeeeetttt…. And saya
berharap
pengen banget nama saya ada di
Koran itu.. dan pada akhirnya
sekarang..
beberapa puisi dan artikel saya
sudah diterbitkan di Koran itu…
(artikelnya
malahan saya liat ada jadi bahan
referensi… jujur saya senang dan
bangga)
Yang ke tiga, saya selalu mimpi
buat bisa jadi wanita mandiri dan
melakukan
apa-apa sendiri… bisa beli barang-
barang yang di butuhkan sendiri
dan
tebebas dari cap anak sombong
yang cuma bisa ngebanggain
pemberian orang
tuanya *seakan itu adalah usaha
dia sendiri*… Yeah saya bisa,
walaupun saya
gak sejago orang-orang lain dalam
mencari uang… dari zaman SMP
saya udah
jual-jualin barang MLM punya
tante saya… bisa nabung buat beli
banyaaaaaaaaaakkk barang!
Bangganya bukan main dari zaman
SMP… dan semua HP
yang saya punya, kecuali yang
pertama, beberapa nokia, BB dan
android
adalah hasil usaha saya sendiri…
saya berwirausaha.. menjadi
beautician,
seorang penjual barang-barang
kecantikan dan kosmetik…sampai
sekarang….
Sekian flash back nya dan saya
akan menuliskan mimpi saya
selanjutnya…
Di usia ini saya ingin:
1. LULUS dalam 9 semester sajah
… GAK LEBIH…
2. Saya pengen bisa beberapa
bahasa asing, untuk apa? Modal
jadi
jurnalis… pengen banget pergi ke
negeri sebrang jadi reporter buat
piala
Dunia…kemana???
BRAZILLLLLLLL!!
3. Ga pengen punya lelaki ganteng
dan kaya sebagai pendamping
hidup…
cukup seiman, sholeh, smart, setia
dan sejahtera… itu yang saya sebut
5 S…
hahhahaahah….
4. Menikah gak lebih dari umur
24… kikkiikiikiiki.. Amin Yaa
Rabb. .
5. Ini dari kecil nih, saya pengen
jadi Prof… walaupun
kedengerannya
ngeyel,, tapi yah .. saya pengen
banget hahaha…
Untuk siapapun yang membaca ini..
saya minta aminnya supaya
didenger Alloh….
Sekian. Bukan berarti mimpi saya
Cuma segini tok… Engga.. tapi
setidaknya
dalam jangka 5 tahun kedepan ini
yang bisa saya bilang di sini ya ini..
sisanya, sulit untuk dituliskan
dalam kata-kata .. #eaa ..

Cukuplah Alloh sebagai saksi
Cukuplah Alloh sebagai
pendamping hidup dalam sepi
Cukuplah Alloh sebagai penolong
dalam sunyi
Cukuplah Alloh menjadi
penghubung antara aku dan lelaki
yang mencintaiku
karena- Nya….

Posted from WordPress for Android

SUMPAH PEMUDA , Sepenggal Kisahdan Kebanggan

27 Oct

SUMPAH PEMUDA , Sepenggal Kisah
dan Kebanggan
Pagi  ini pas buka twitter ( setelah olah
raga dan lain sebagainya) saya sadar
bahwa hari ini tanggal 28 Oktober
2011… tepat berrrpuluhh puluh
tahun yang lalu … tepatnya..males
ngitung… Eh enggak deng, gak boleh
males, karena ini Hari Sumpah
Pemuda… kikikiki…. Tepat 83 Tahun
yang lalu …Alasan kenapa saya tulis ini
karena, oke saya ngaku…saya pengen
kalian tahu betapa pentingnya
Sumpah Pemuda… dan biar Sumpah
Pemuda itu gak jadi sampah timeline
twiter…
Sumpah Pemuda, percaya gak
percaya adalah salah satu sejarah
Indonesia yang juga menjadi bagian
penting dari sejarah dunia.. Awalnya
Sumpah Pemuda adalah gagasan
dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-
Pelajar Indonesia) . Sumpah Pemuda
yang kita peringati sekarang adalah
hasil dari Kongres Pemuda II bukan
yang pertama. Kenapa? Karena
menurut sejarah alasan
diadakannnya Kongres Pemuda I
adalah untuk menyatukan
perjuangan bangsa (bukan Negara
tapi bangsa) secara nasional. Kongres
Pemuda I hanya dihadiri perwakilan
dari beberapa daerah saja, bukan dari
seluruh Indonesia (tahun 1926, dan
dihadiri oleh pemuda dari Jawa,
Sumatra dan Indonesia barat). Oleh
karenanya, diadakan Kongres
Pemuda II untuk menghimpun
persatuan yang lebih besar.
Kongres Pemuda II ini, sebagaimana
dikatakan diatas adalah usulan PPPI.
Kongres ini berlangsung dari tanggal
27-28 Oktober 1928. Dan hasil dari
kongres itulah yang sekarang selalu
kita peringati, SUMPAH PEMUDA.
Inilah isi SUMPAH PEMUDA tersebut:

Pertama

Kami poetera dan poeteri
Indonesia, mengakoe
bertoempah darah jang satoe,
tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri
Indonesia, mengakoe berbangsa
jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri
Indonesia, mendjoendjoeng
bahasa persatoean, bahasa
Indonesia.

Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang
Disempurnakan :

Pertama

Kami putra dan putri Indonesia,
mengaku bertumpah darah yang
satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia,
mengaku berbangsa yang satu,
bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia,
menjunjung bahasa persatuan,
bahasa Indonesia.

Terdapat ratusan undangan dalam
KONGRES PEMUDA II ini. Dan tak
dapat dipungkiri, dari sanalah para
pemuda memiliki dorongan untuk
melakukan hal lebih ! Dan hal itulah
yang menjadikan mereka tokoh
penting. Inilah tokoh penting tersebut:
ALI SASTROAMIDJOJO adalah salah
satu bapak bangs yang hebat. Dia
salah satu tokoh yang ada dalam
Kongres Pemuda II. Pak Ali Sastro ini
adaah Perdana Menteri Indonesia
yang kemudian menjadi wakil dalam
persidangan KOLOMBO. Dalam
persidangan ini Pak Ali Sastro
menyampaikan usulan bahwa perlu
dibentuk suatu perhimpunan Negara
ASIA-AFRIKA untuk kesatuan Negara –
negara yang baru di merdekakan dari
jajahan ini. Dan atas gagasan inilah
diselenggarakan KTT Asia-Afrika yang
dampaknya meluas di kedua benua
tersebut. Negara yang merdeka
semakin bertambah, dan kesatuan
untuk saling membantu sesama
semakin tinggi .
Selain Pak Ali Sastro , masih banyak
lagi tokoh lainnya, seperti
Muhammad Yamin. Pak Muh. Yamin
ini selain politikus, sarjana hokum, dia
juga adalah sastrawan loh ( kedip_
kedip bangga). Dalam hal sumpah
pemuda itu sendiri beliau adalah
tokoh yang dengan sungguh-
sungghu mengusulkan pada kongres
agar mennjadikan Bahasa Indonesia
bahasa pemersatu dan resmi.
Jadi tau dong sekarang kalo sumpah
pemuda itu penting banget. Gak ada
sumpah pemuda, yah gak aka nada
peristiwa di atas itu. Gak ada sedikit
pun alas an kita gak bangga sama
Negara ini, sama bangsa ini .. ditengah
carut marut para tetua di atas, yah kita
sebagai anak muda gak boleh kalah
dong!! Benang yang kusut itu dari
bawah kita benahi , sehingga nnati
suatu hari kalau kita ada diatas, kita
gak akan kusut lagi … kita akan bias
menciptakan Indonesia yang jauh
lebih baik… . Dan ini bukan mimpi…
SALAM SUMPAH PEMUDA!
(dari berbagai sumber, dengan revisi.
Jika terdapat kesalahan informs
dalam artikel ini, silakan email saya di:
mahadewishaleh@gmail.com )

Puisiku: Pertemuan Kecil dari Masa Lalu

25 Oct

Ini puisi lama saya, sengaja dipindahkan kemari agar jejaknya tidak hilang.

Published on Pikiran Rakyat March 7th, 2011. . .

Pikiran Rakyat

7 Maret 2010

Dapur Hatiku Ramai Hari Ini

Aku masih sibuk bermimpi tentang gula-gula
dan bibirmu yang manis. Berkhayal terbang
bersama wangi nirwana dari bau roti
serta wangi tubuhmu yang aku rindukan.

Kini aku menghangatkan oven di hatiku,
mengharapkan donat yang empuk dan merindukan
pelukmu sekali lagi sambil mengingatmu
ketika melelehkan hatiku untuk pertama kali.

Sungguh, setiap kali kalbuku retak,
kau merekatnya dengan selai cokelat termanis
tanpa membuatnya hancur. Sekarang aku tinggal

menghias kue tartku dengan strawberry
agar aku siap karnaval dengan sentuhan jemarimu
di tiap lekuk tubuhku. Coba kau ulang sekali lagi.

2010

Monolog Sehabis Hujan

Tak lagi terlukis mentari sehabis hujan
Aku hampir lupa bagaimana dia menari di langit
bersama ketujuh perinya

Aku rindu warna merahnya, membakarku
menjaga mimpiku menjadi nyata
Aku ingin berkawan dengan jingga,
agar berani berpapasan dengan asam jeruk kehidupan

Aku ingin berteduh di hijaunya,
agar hatiku sejuk dalam selasar hidup,
Aku mendambakan birunya yang sewarna langit

Aku mencintai pelangi yang kurindukan.
Yang menuntunku ke arah langit.

Melangkah di awan dan bersahabat
dengan para ksatria langit.

Bertemu mentari, menceritakan bumi
dan kekasihku.

Aku rindu pelangi, kawan,
aku menunggumu dan ketujuh perimu.

2010

Ketika Membunuh Semut

Di mana letak keadilan?
Ketika tangisan dianggap dosa
dan berkelakar penuh amarah
adalah suci?
Di manakah keadilan?
Ketika membunuh seekor semut
lebih hina dina dari menyakiti hati
sebarisan peri bumi?

Di manakah keadilan?
Saat yang kuat selalu menang
di atas kesalahannya, dan menutup mata
atas kebenaran sebiji salak?

Di mana letak keadilan?!
Saat perawan suci terluka
di malam pengantinnya?

Di mana letak keadilan?
Saat aku berlari,
dan tak sedikit pun
jarak kutempuh?

Aku ingin mencarinya tanpa jeda.
Tapi akankah berbuah jawaban?
Sekarang aku tak adil
pada rasa ingin tahuku sendiri.

Haruskah aku berhenti bertanya
tentang keadilan karena tak tahu
di mana jawabannya?
Beri tahu aku, di manakah
keadilan itu hidup?

2010

Totalitas Mati

Jika mati bisa membunuh cinta
Aku akan segera menikamkan pisau
tepat di dada. Tapi, jika tetap hidup,
aku akan memasung diri di neraka

Demi hujan yang turun di hari senja
Dengarkan sumpahku di halaman surga

Aku tak mau mengenal kasih lagi
seakan aku adalah mati
Takkan ada hangat lagi di hati
Biarlah jantungku berhenti
Menghitung kinanti
Hingga mata tak lagi mencari

Dan kaki tak lagi berdaya
Hanya siang berganti malam
yang aku agungkan

Tak peduli musim
Tak peduli waktu
Tak peduli ada
Tak peduli nyata

Aku total, mati,
agar bisa hidup
dalam pedih

2010

—————-

Alhamdulillah dan terima kasih..

Tawar Menawar

25 Oct

Aku berlindung kepada Alloh dari sepi mendalam yang mengerogoti hati…
Dengan nama Alloh yang menghangatkan setiap lapisan hati dan menyamankan setiap nafas yang mengalun dan terhirup di hidup ini…

Sesungguhnya dengan semua tantangan yang membuat hati begitu gempita aku tetap merasa sepi di dalamnya…

Yaa Rabb… Dengan dua malaikat yang menjagaku ini, bukankah mestinya aku merasa tenang dan damai walau mereka hanya mencatat apa yang aku lakukan??

Aku ingin mengajukan penawaran hidup…

Bahwa jika kau menjadikan beberapa rizkiku yang hanya beberapa tarikan nafas itu menjauh atau tertunda dalam perjalanannya… Mohon dekatkan padaku agar aku tenang…

Bahwa jika rasa sepi ini tak pernah memudar, semakin mendalam ataupun menggerogoti hati…aku mohon hilangkanlah kesepian ini…hadirkanlah padaku sosok yang berjalan dijalanmu…

Bukan semata sosok yang gagah dan menawan…tapi yang mencintaiku karena Mu…yang dapat mengajari aku mencintai Mu jauh lebih besar dari sekarang…

Hanya Engkau Sang Maha Benar, Maha dari segala Maha…

aku rindu menulis

25 Oct

mari mulai!