Archive | Cooking Diary RSS feed for this section
Image

Let’s Eat Simple Home made Tom Yum! Yammeh!

23 Jul

Let's Eat Handmade Tom Yum! Yammeh!

Ada yang doyan Tom Yum dan makanan Khas Thailand lainnya?
Aku sih cuma doyan Tom Yum dan Thai Tea yang super milky 🙂

Semenjak aku suka Tom Yum dan “rajin” beli Tom Yum, so I decided to make it my own. ~ceritanya biar lebih murah hahaha.

It will be such an easy recipe, at least for meh. It only takes you for about 20-30 minutes, or maybe it can be done in about 10 minutes, depends on what kind of ingredients you will use. Kalau cuma mau dikasih bakso, dan beberapa potong bakso import (ini lupa namanya apa), bisa sekitar 10-15 menit. Kalau pakai sea food bisa sekitar 20-30 menit. Gak akan lama lah. Soalnya both bakso-baksoan dan seafood terutama ga enak kalau dimasak terlalu lama, setidaknya buat aku gitu. Sebenernya resep ini adalah catutan dari beberapa macam resep di Internet, dan kebanyakan bikin pusing.

So, let’s start to cook it! Yaiy.

Bumbu yang dibutuhkan:

1. Cabai merah besar 1 haluskan

2. Cabai rawit merah 3 haluskan (kalau gak suka dan ga bisa makan pedes, kurangin aja cabe rawit. Atau hilangkan dan ganti dengan cabe merah biasa aja ya.)

3. Jahe 1cm

4. Laja, laja bahasa endonesanya naon? Oiya, Lengkuas 1cm. (I have to be honest, bahasa Inggrisnya bumbu itu kadang bikin pusing, plus karena aku born as Sundanese, jadinya lebih ingat bahasa sundanya dari pada bahasa indonesianya. Pardon me.)

5. Satu siung bawang putih, cincang kasar (atau kalau mau gampang geprek aja)

6. 3 siung bawang merah, iris tipis.

7. Satu batang sereh. (diikat, atau di potong-potong dibagi menjadi 3 atau 4)

8. Fish sauce 1sdm (optional)

9. Tom Yum paste 1sdt (optional)

10. 2 lmbar daun jeruk (dirobek jadi dua)

11. Air jeruk purut atau lemon 1 sdm.

12. Air 500ml.

13. Gula

14. Garam

15. Bumbu penyedap (optional)

16. 1sdm minyak goreng

Bahan isian sup.

1. Seafood

2. Bakso

3. Sayuran

4. Daging-dagingan

5. Mie-miean, bihun, sohun

(silakan mau dipilih yang mana bebas kok di foto di atas saya pake bakso seafood).

 

Cara membuatnya:

Panaskan minyak goreng dan tumis cabe merah dan cabe rawit hingga matang. Lalu tambahkan air. Tambahkan fish sauce, dan tom yum paste. Masukkan bawang merah dan bawang putih. Lalu bakso-baksoan. Setelah itu, jahe, serta sereh dan lengkuas. Tunggu hingga bakso kamu matang, lalu tambahkan daun jeruk, diamkan selama beberapa menit. Lalu angkat dan tambahkan air jeruk purut atau lemon. Nah, kalau kamu mau menambahkan mie bihun atau sohun, tempatkan mie di mangkok. Lalu pada saat kuah panas kamu siramkan kuah di mie kamu. Dan taraaaaaaaa. Siap deh 🙂

 

 

Thank you for reading.

D

PS: I am not an expert chef. I am just sharing how do I cook the food that I love!

 

Advertisements

Cooking Diary: Pancake!

2 Jan

Kemaren tanggal 31/12/11 aku beli es krim. Dan yessss aku kebanyakan belinya, ujung-ujungnya malah bingung ngabisinnya gimana.

Lantas hari ini (2/1/12) Teh Ovi tweet tentang pancakenya yang enak dan menginspirasi aku buat bikin pancake juga… Ini bahan pancake versi Dewi:

*200gr terigu rendah protein (segitiga biru)
*3sdm madu/susu kental manis
*1btr telur (kocok lepas)
*200ml susu full cream
*2sdm gula
*1/2sdt garam
*30gr margarin (cairkan)
*1sdt baking powder
*2gr vanili

Toping:
-Bebas!!!! Es krim sangat disarankan!!!

How to make:
1. campurkan terigu dan gula sampai rata
2. Tambahkan susu, sedikit demi sedikit… Lalu diikuti mentega cair, telur, garam, margarin, madu, vanili.
3. Tambahkan baking powder.
4. Istirahatkan 10 menit
5. Goreng di atas wajan teflon panas yang sudah diolesi minyak/margarin dengan api yang kecil.
6. Balik adonan jika sudah berlubang / setengah matang.
7. Angkat dan olesi susu kental manis. Setelah itu taruh 1scoop/3sdm es krim. (atau taroh apapun suka-suka! Bebas yang penting senang. Hihihi.

Udah sih itu aja, makan dengan hati bahagia (karena buatan sendiri).
Makasi buat Teh Ovi atas inspirasinya :).

Selamat mencoba!!!!

xoxo
Dewi

Posted from WordPress for Android